Contoh Cerita Fabel



Kesombongan Popu


                Di sebuah hutan, hiduplah dua ekor merpati. Merpati itu bernama Popu dan Rara. Mereka adalah dua ekor burung yang bersahabat. Mereka bersahabat bersahabat sejak lama. Mererka sanagat akrab. Si Popu memiloiki sayap yang indah. Sedangkan si Rara memiliki sayap yang jelek.
            Pada suatu hari, ada seekor burung Camar yang kebetulan lewat di depan Popu dan Rara.”Hai Popu, bulumu indah sekali, tidak seperti Rara yang jelek.” Kata si burung Camar.”Iya, buluku kan memang indah. Tidak ada burung lain yang memiliki bulu seindahku.” Jawab Popu dengan sombong. Mendengar ucapan sahabatnya, Rara marah dan pergi meninggalkan Popu. Ia tak menyangka bahwa sahabatnya menjadi sombong. Rara tak mau bersahabat lagi dengan Popu yang sombong. Begitu pula dengan teman-teman yang lain.
            Keesokan harinya, Popu pergi ke rumah si burung Camar. Karena ia akan mengadakan pesta di rumahnya nanti malam. Popu meminta bantuan kepada burung Camar, untuk membagikan undangan kepada teman-temannya.Burung camar pergi ke setiap rumah untuk membagikan undangan pesta Popu.
            Malamnya, ketika pesta akan di mulai. Ternyata, tidak ada satupun teman-temannya yang datang ke pestannya kecuali si burung Camar. Ia bingung mengapa teman-temannya tidak datang. Popu merenung sendirian memikirkan hal itu. Setelah itu, ia pun sadar bahwa kesombongannya tidak di sukai teman-temannya. Sehingga tidak ada yang datang ke pestanya.
            Setelah pesta selesai, Ia pun pergi ke rumah sahabatnya, Rara. Ia meminta maaf karena dia telah sombong kepada Rara dan teman-teman.”Rara, aku minta maaf atas kesombonganku selama ini. Aku janji tidak akan sombong lagi kepadamu dan teman-teman.Aku akan menjadi aku yang seperti dahulu lagi.”Kata Popu.”Iya Popu, aku memaafkanmu.”Jawab Rara dengan senang.
            Akhirnya, Popu dan Rara pun kembali menjadi sahabat baik. Dan kini Popu tidak pernah sombong kepada Rara dan teman-temannya.

0 komentar:

Posting Komentar